Workshop Penyusunan Media Ajar Berbasis Digital

By Mochamad Hermanto 18 Jul 2023, 08:30:07 WIB Sekitar Kita
Workshop Penyusunan Media Ajar Berbasis Digital

Gambar : Pelaksanaan Workshop Penyusunan Media Ajar Digital (Dok/Mar)


MTsN 1 Tulungagung – Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2023/2024, MTsN 1 Tulungagung melakukan persiapan transformasi digital. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah penyusunan media ajar berbasis digital. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat (16/6/2023). Segenap dewan guru MTsN 1 Tulungagung mengikuti lokakarya tersebut dengan didampingi oleh jajaran pimpinan dan narasumber, Ali Maschur, S.Pd., M.Si.

Narasumber lokakarya penyusunan media ajar berbasis digital kali ini merupakan praktisi IT sekaligus guru MAN 1 Tulungagung. Dalam pelaksanaan lokakarya, narasumber yang akrab disapa Pak Ali, menyampaikan tentang proses penyusunan halaman website yang dijadikan sebagai “rumah” pembelajaran berbasis digital. Penyampaian materi dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berisi pemaparan tentang konten website MTsN 1 Tulungagung dan sesi kedua berisi pemaparan tentang Learning Management System.

Dewan guru langsung melakukan praktik pengembangan konten mata pelajaran dalam situs. Praktik tersebut sekaligus memberikan pengalaman bagi dewan guru untuk memasukkan bahan ajar ke dalam situs agar dapat diakses oleh peserta didik. Setiap guru diharapkan memiliki desain halaman yang berbeda sehingga sajian materi lebih menarik bagi peserta didik. Selain desain, hal yang lebih penting dalam proses mewujudkan  the Real Madrasah Digital adalah konten pembelajaran yang disajikan dan pelaksanaan asesmen dengan sistem CAT.

“Digitalisasi ini dilaksanakan di madrasah, bukan hanya dilakukan di kelas tertentu, sehingga ini menjadi amanah bagi kita semua,” pesan Ali Maschur, S.Pd., M.Si. di sela penyampaian materi. Walaupun demikian, tetap diperlukan operator setiap komponen dalam situs, guna melaksanakan fungsi kontrol aktivitas dalam website. Hal tersebut disampaikan oleh Drs. Muhibuddin, M.Pd., Kepala MTsN 1 Tulungagung, “Diperlukan Get Kepper komponen Website.”

Sebelumnya, mulai Senin (19/6/2023) MTsN 1 Tulungagung memberlakukan sistem presensi digital. Selebihnya, beberapa kebijakan dan sistem terkait Madrasah Digital akan diterapkan mulai Juli, tahun pelajaran baru 2023/2024. (red/nzl)




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment